» » DISTAKO RANCANG TAMAN GANDUS, LENGKAP DENGAN OUTBOUND MINI & PLAZA

Sriwijaya Radio, Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tampaknya tak ingin kalah dalam upaya mempercantik kondisi kota dengan sejumlah taman. Jika sebelumnya telah menyelesaikan desain untuk Taman Bakat di kawasan kolam retensi depan Universitas IBA Palembang Jl Mayor Ruslan, kini kawasan pinggiran Palembang pun dijadikan sasaran.
Dinas Tata Kota (Distako) Palembang sudah menyelesaikan dan mempresentasikan desain untuk pembangunan Taman Karang Anyar di kecamatan Gandus Palembang. Rencananya, taman ini akan dibangun di lahan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan sudah disetujui pembangunannya oleh Gubernur Sumsel.
"Lahannya sekitar 1,2 hektar untuk pembangunan taman ini. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan di taman kampus, yang dapat dijadikan tempat berkumpul warga di kawasan tersebut untuk menghabiskan waktu senggangnya," ujar Isnaini Madani, Kepala Distako Palembang, Selasa (24/2).
Nantinya, dalam desain tersebut taman akan dibuat berada di tengah rawa yang berair. Artinya, taman akan berada di tengah seperti pulau yang dikeliling perairan. Di sekeliling perairan tersebut juga akan dibuat rindang dengan sejumlah tanaman dan kursi serta gazebo untuk duduk bagi warga.
Pembangunannya sendiri belum tahu akan dilakukan oleh siapa, bisa pemerintah atau menawarkannya ke pihak ketiga. Namun, pihaknya memastikan pembangunan akan dilakukan dalam waktu dekat sehingga jumlah taman dan ruang terbuka hijau (RTH) di kota Palembang semakin banyak.
"Untuk anggaran belum ada, karena setelah desain ini akan kami serahkan ke Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) untuk segera dibuatkan DED (Detailed Engineering Designed) dan RAB (Rancangan Anggaran Biaya), baru tahu berapa besar dana yang dibutuhkan," ucapnya.
Tidak hanya taman, rencananya juga akan dibuatkan playground dengan sejumlah alat permainan bagi anak-anak. Sejumlah kafe dan restoran pun direncanakan akan dibuka di kawasan ini, sehingga berkembang pula kawasan bisnis di tempat ini. Selain itu, taman gandus juga akan dilengkapi dengan fasilitas outbound mini dan plaza. 
"Apalagi benar-benar dibangun pihak ketiga, jelas akan menjadi kawasan bisnis yang sangat baik dengan sejumlah usaha, seperti kafe dan restoran," katanya. 

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama