Header Ads

PENYEBAB MATA SERING KEDUTAN

Kelopak mata yg menarik sendiri atau dikenal dgn kedutan sering   dialami setiap orang. Kedutan bahkan sering dikaitkan degan pertanda apa yg akan terjadi di masa depan, misalnya kedutan di mata kiri pertanda akan bertemu orang yg dicintai, atau kedutan di mata kanan akan mendapatkan rezeki, dan sebagainya.Padahal penyebab kedutan dapat dijelaskan secara ilmiah, apa saja itu?

1. Konsumsi kafein berlebihan
Minum kopi atau minuman berkafein mungkin 
dapat  membantu seseorang utk lebih berkonsentrasi, namun ini juga membuat otot kelopak mata bekerja lebih keras. Ketika terlalu banyak distimulasi dengan kafein, sel saraf pada kelopak mata akan merespon terlalu banyak dan kedutan pun secara tiba-tiba akan terjadi.

2. Stres 
dan cemas
Jika terlalu b
anya bekerja dan berada di bawah tekanan, tingkat stres seseorang akan meningkat. Sementara kedutan merupakan salah satu konsekuensi dari stres. Sebuah studi menunjukkan, saat stres, gejala kedutan cenderung akan menjadi lebih buruk.

3. Mata tegang
Jika digunakan secara berlebihan, misalnya terlalu b
anyak menatap layar komputer atau televisi, mata akanlebih mudah merasa lelah dan kedutan.

4. Kelelahan
Seringkali dikaitkan 
dengan  stres, kurang tidur dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, termasuk kelopak mata. Tubuh yang  lelah biasanya tidak dapat bekerja secara optimal dan menimbulkan gejala juga pada kelopak mata.

5. Alkohol & tembakau
Seringkali konsumsi alkohol 
dan  produk tembakau juga bisa menjadi penyebab dari kedutan. Tidak ada substansi khusus yg diketahui dapat memicu kedutan, namun pada sebagian orang konsumsi alkohol dantembakau dapat  memicu kondisi tersebut terjadi.

6. Iritasi permukaan mata
Bila bagian terluar mata mengalami iritasi, maka reaksi y
ang  mungkin terjadi adalah kedutan. Kondisi seperti mata kering atau alergi bisa saja menyebabkan kedutan. 


Teguhsindo Lestaritama

Diberdayakan oleh Blogger.