Header Ads

CARA MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI TANPA OBAT

Pola makan dan hidup yang tidak sehat bisa memicu tekanan darah, kalau sudah seperti ini mulailah menjalani hidup sehat, menurunkan tekanan darah bisa juga dengan obat-obatan, tetapi bis ajuga dengan cara alami.  Tips menurunkan tekanan darah dengan cara alami:


Olahraga secara rutin
Olahraga ringan seperti joging bermanfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan penyerapan oksigen dan menurunkan tekanan darah dengan cara memperkuat jantung.

Mengonsumsi yogurt
Para ilmuwan menemukan bahwa yogurt yang kaya akan kalsium mampu membuat pembuluh darah lebih lentur.

Rajin mengonsumsi pisang
Mulailah untuk memasukkan pisang sebagai menu sarapan Anda. Pisang mengandung kalium yang merupakan mineral penting untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.

Batasi makanan tinggi garam
Garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri Anda. Oleh karena itu hindarilah mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan instan.

Turunkan berat badan

Berat badan yang berlebih turut menyumbang naiknya tekanan darah Anda. Kelebihan berat badan akan membuat jantung Anda bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Jangan merokok
Nikotin yang terkandung di dalam rokok akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin ini akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan membuatnya bekerja keras.

Kurangi kerja lembur
Dibandingkan dengan mereka yang memiliki jadwal kerja yang teratur, para pekerja yang bekerja lembur berpotensi untuk terkena tekanan darah tinggi hingga 29%. Lembur akan membuat Anda sulit mempunyai waktu untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

Hindari mendengkur saat tidur
Mendengkur dengan keras saat tidur adalah salah satu gejala sleeping apnea. Dan sleeping apnea merupakan pemicu munculnya tekanan darah tinggi.

Kurangi konsumsi kafein
Peneliti dari Duke University Medical Center, Amerika Serikat menemukan bahwa mengonsumsi kafein sebanyak 500 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

Salam Sehat Alami,
Teguhsindo Lestaritama
Diberdayakan oleh Blogger.