Header Ads

SIAPA PENEMU KOMUNIKASI TANPA KAWAT


Guglielmo Marconi , lahir di Bologna, Italia pada tanggal 25 April 1874, ia merupakan anak ke dua Giuseppe Marconi,seorang pria Italia kaya raya.  Tahun 1909 ia meraih Nobel dan terkenal setelah mengembangkan sesuatu sistem telegrafi tanpa kabel , yang saat ini dikenal dengan RADIO.

Menurut cerita ia mendapatkan pendidikan privat dari seorang guru, saat itu usianya sekitar 20 tahun.  Ia mempelajari percobaan dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.  Ia pun tergugah mengetahui gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa kawat.
Hal penting dan dramatis ia dapatkan, sebab pada tahun 1909 saat kapal S.S Republik rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut.  Ternyata penemuannya yang saat itu dikenal dengan Radio membuat hampir semua penumpang selamat, akibat informasi yang di sampaikan melalui radio diketahui banyak orang.  Di tahun berikutnya ia juga berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, jarak yang lebih dari 6000 mil melalui temuannya.

Setelah apa yang ditemukan G. Marconi memberikan dampak positif untuk kecepatan informasi dengan kemudahan tanpa kabel, informasi sangat mudah di dapat, dan penyiaran radio komersil akhirnya berkembang pesat di tahun 1920.  Sejak saat itu namanya pun semakin cemerlang, sampai ia mendapat berbagai penghargaan.  G Marconi meninggal dunia pada tanggal 15 Juni 1927, di Roma Italia.

Info : berbagai sumber
Diberdayakan oleh Blogger.