Header Ads

PDAM Hentikan Distribusi Air Bersih Selama 24 jam


SRIWIJAYA RADIO - PDAM Tirta Musi Palembang kembali akan menstop layanan air bersih pada Rabu 2 Oktober nanti. Ini dilakukan untuk memperbaiki pipa pecah yang ada di Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara, simpang Bukit Baru dikawasan Musi II.

Seperti yang dikemukakan direktur tekhnikPDAM Tirta Musi, Stephanus perbaikan akan memakan waktu selama 24 jam. Sehingga distribusi air pada pelanggan akan terganggu cukup panjang. Meskipun ada gangguan selama perbaikan, namun pihaknya akan tetap mengoptimalkan layanan, dengan meminta bantuan distribusi dari unit KM 4 melalui booster Punti Kayu.

"Sebelum pemadaman dilakukan, masyarakat agar memaksimalkan layanan air bersih. Karena masa pengerjaan cukup panjang, mulai Rabu pagi hingga Kamis Subuh," imbau Stephanus, Senin (30/9/2013).

Adapun daerah yang terkena gangguan meliputi beberapa daerah bagian ujung layanan, seperti Soak Simpur, Sukawinatan, dan Naskah. Sementara dari beberapa kawasan itu, ia menyebut warga yang akan terganggu pelayanan ini sebanyak 7.500 pelanggan.

Alasan penggantian pipa ini dikarenakan kondisinya selama 10 hari telah pecah. Sehingga masyarakat tidak dapat secara maksimal menikmati layanan air bersih. Lambannya respon dariPDAM untuk perbaikan, menurut dia karena saat ini sedang ada even Islamic Solidarity Games (ISG). Jika diperbaiki selama ISG, dia khawatir akan mengganggu lalu lintas. Karena volume galian juga cukup luas, sehingga akan memakan badan jalan dan mengakibatkan kemacetan.

Stephanus berpendapat pecahnya pipa yang ada di kawasan tersebut, disebabkan pergerakan tanah yang cukup besar. Kendaraan tonase berat yang sering melintas menyebabkan pipa-pipa pecah, hingga akhirnya menyebabkan kebocoran.

Akibat kebocoran yang berlangsung selama 10 hari tersebut, menurut dia, PDAM merugi sekitar Rp 60 juta. Karena tingkat kehilangan rata-rata per hari sebanyak 400 kubik, atau lima liter per detik


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.