Header Ads

Waspada Kebakaran Hutan, Patroli Diintensifkan


SRIWIJAYA RADIO – Kepala Dinas Kehutanan Musirawas Nawawi mengatakan, memasuki musim kemarau seperti sekarang ini, perlu diwaspadai bahaya kebakaran hutan. Meskipun sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan atau menemukan adanya titik api dalam skala besar, namun kewaspadaan perlu ditingkatkan mengingat, saat musim kemarau, potensi kebakaran hutan cenderung meningkat.

“Salah satu yang perlu diwaspadai saat kemarau itu ya kebakaran hutan, karena disaat kering potensi kebakaran cenderung meningkat. Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan, patroli rutin yang selama ini telah kita lakukan, lebih diintensifkan lagi. Supaya ketika terjadi kebakaran hutan, akan cepat termonitor dan bisa segera ditanggulangi,” katanya kepada Sripoku.com, Senin (10/6/2013).

Dikatakan, selain mengintensifkan kegiatan patroli keliling, untuk memantau terjadinya kebakaran hutan, pihaknya juga menjalin komunikasi dengan kecamatan-kecamatan maupun masyarakat. Sehingga jika ditemukan adanya kebakaran hutan disuatu wilayah, bisa segera dilaporkan.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat, agar jangan melakukan pembakaran hutan untuk membuka ladang. Karena biasanya ditempat kita ini, saat kemarau masyarakat buka ladang dengan cara bakar hutan. Kita harapkan, hal seperti itu tidak dilakukan lagi. Karena akan berpotensi kebakaran bisa meluas,” katanya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.