Header Ads

Sebelum Lebaran Ambles di Jalan Soeta Aman


SRIWIJAYA RADIO - Kepala Satuan Kerja Metropolitas Jalan dan Jembatan Kementerian PU, Ir H Junaidi MT memastikan sebelum lebaran Idul Fitri 1434 Agustus 2013, perbaikan jalan ambles di Jalan Soekarno Hatta Depan Kantor Balai Besar Wilayah Sumsel VIII bisa selesai.

Pernyataan ini menanggapi banyaknya keluhan pengendara yang melintas di jalan yang ambles sepanjang 30 meter ke arah Simpang Bandara sejak 15 Maret 2013.

"Kalau bekerjanya mulai minggu depan, satu bulanlah. Karena pemadatan tanah. Masang sheet pilenya yang lama. Sebelum lebaran Insya Allah selesai, sudah baguslah. Karena haruslah seluruh ruas bukan di situ saja saat lebaran. Sebelum puasa malahan dari kementerian ngasih tahu kita supaya kalau dulu H-7 jalan sudah baik. Kalau sekarang sebelum puasa kalau bisa aktivitas untuk menghambat lalu-lintas itu agar segera diselesaikan," kata Kasatker Metropolitas Jalan dan Jembatan Kementerian PU, Ir H Junaidi MT, kepada Sripoku.com, Selasa (18/6/2013).  

Junaidi mengakui, belum selesainya dikerjakan perbaikan longsornya jalan ini karena pihak kontraktor harus menunggu rekomendasi desain dari Pusjatan. 

"Mengenai jalan longsor sekarang desainnya sudah ada, Insya Allah minggu-minggu depan sudah dikerjakan. Karena kemarin desainnya harus dari Pusjatan (Pusat Penelitian Jalan). Diadakan penelitian tanah. Jadi kita sudah tahu sebabnya itu karena lapisan tanahnya yang kurang baik dan juga disebabkan oleh banjir lima tahunan kemarin," ujat Junaidi. 

Menurut Junaidi, perbaikan ini mempertimbangkan harus ada perkuatan di lerengnya. 

"Nanti kita akan pasang sheet pile di tepi jalan tersebut. Untuk sekarang kan kita pasang cerucup saja. Sheet pile itu dinding penahan tanah bisa dari beton atau baja. Terus di mulut gorong-gorongnya itu akan kita buat box culvert supaya air tidak lari kemana-mana. Kita pasang tembok, dengan sheet pile sepanjang 50 meter. Sudah siap dikerjakan. Jadi kontraktornya takut juga kalau bekerja tidak ada desainnya, takut runtuh lagi," terangnya. 

Saat ini kondisi di kawasan longsornya jalan ini separoh jalan sepanjang 30 meter ini ditutup paga seng. Di tepi jalan ditaburi koral dan di dinding tanah dipasang cerucup penahan tanah agar tidak longsor.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.