» » » Runway Bandara SMB II Normal Kembali


SRIWIJAYA RADIO - Meski aspal landasan pacu (runway) Bandara Internasional SMB II Palembang sempat terkelupas dengan kedalaman 10 sentimeter dan radius 160 sentimeter, tetapi hal itu bisa diatasi. Setelah ditangani, landasan pacu dinyatakan normal kembali.

Manager Operasional PTAP2 Palembang, Syamsudin SSIT mengatakan, pada pukul 17.00 penerbangan sudah kembali normal bisa menggunakan rumway sepanjang 3.000 m.

"Sudah normal pukul 17.00. Sudah diperbaiki. Kalau tadi hanya dibatasi panjang landing tinggal 2.000 meter. Alhamdulillah, delapan pesawat yang menggunakan runway selama perbaikan ini tidak ada yang terdelay. Semua airlines sesuai SOP bisa mengendalikan. Artinya selama runwaynya diperpendek ini beban pesawat barang cargonya pun tidak terlalu penuh," ungkap Manager Operasional PTAP2 Palembang, Syamsudin SSIT.

Dijelaskan Syamsudin, terkelupasnya sebagian aspal runway ini hasil dari pengecekan landasan dari pihak pengelola bandara.

"Dari pengecekan landasan kita ketahui ini. Pengecekan landasan ini dilakukan dua kali setiap harinya. Kita ketahui pas pengecekan yang kedua pada pukul 12.00. Pada pengecekan pertama dilakukan sebelum operasional bandara pukul 05.00 ini belum terjadi. Kita belum tahu karena apa penyebabnya. Bisa jadi udara lembut, semburan jet," jelas Syamsudin.\

Akibat adanya kerusakan satu titik di runway diakui Syamsudin pengaruhnya panjang landasan dikurangi.

"Dari 3.000 m menjadi 2.000 m. Akan tetapi ini tidak berpengaruh pada keselamatan. Ini sudah sampaikan Notam (notice to airmen). Aturan runway, protapnya ada sehingga keselamatan tetap terjamin," kata Syamsudin.

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: