» » » Petani SP Padang Gagal Tanam


SRIWIJAYA RADIO - Petani di dua Kecamatan di wilayah Kabupaten OKI pada musim tanam tahun ini terancam gagal tanam, lantaran hingga saat ini air masih menggenangi lahan sawah  hingga setinggi paha orang dewasa, Kamis (13/6/2013).

Menurut Ketua Kelompok Tani desa Terusan Laut Kecamatan SP Padang OKI, A Rasyid menyebutkan,  mestinya setiap bulan Maret petani di dua kecamatan tersebut sudah mulai tanam untuk lebak pematang, namun kenyataannya air masih cukup dalam di lahan sawah saat itu. 

“Kecamatan SP Padang dan Kecamatan Kayuagung yang lahan sawahnya masih digenang air,” sebut  Rasyid.

Namun akhirnya pada awal bulan Juni ini air kelihatan sudah surut, sehingga petani mulai melakukan penanaman. Tapi setelah padi berumur satu minggu ternyata air kembali tinggi atau pasang akibat guyuran hujan beberapa hari ini sehingga menyebabkan padi yang baru ditanam menjadi tenggelam dan batang padi langsung membusuk hingga mati.

“Lahan sawah lebak pematang milik petani dua kecamatan tersebut berjumlah ratusan hektar, namun yang baru tertanam sekitar 20 hingga 25 persen tapi air sudah datang,” sebut Rasyid.

Untuk itu, diungkapkan Rasyid, sejak lima tahun terakhir ini bersamaan munculnya perusahaan di bidang perkebunan kelapa sawit di wilayahnya mengakibatkan musim tanam padi menjadi berubah, yang mestinya setiap tahunnya mulai tanam pada bulan Maret, tapi nyatanya hingga bulan Juni air masih dalam.

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: