Header Ads

Warga Dilarang Mancing Demi Jaga Populasi Ikan


SRIWIJAYA RADIO - Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) akan memasang papan pengumuman larangan bagi warga untuk memancing di beberapa sungai.

Hal tersebut dilakukan karena Pemkot Pagaralam sedang mengalakan program menjaga dan melestarikan populasi ikan di sejumlah sungai. Bahkan pemkot sudah melakukan upaya restocking dengan menebar bibit ikan ke sungai.

Informasi yang dihimpun Sripoku.com, Minggu (12/5/2013), sudah sejak beberapa tahun ini Pemkot Pagaralam melakukan restocking ikan disemua sungai yang ada dilima Kecamatan. Bahkan Pemkot telah melarang warga menangkap ikan mengunakan setrum.

Tidak hanya itu, pemkot bahkan memberikan hadiah uang Rp 1 juta bagi masyarakat yang berhasil menangkap warga yang mencari ikan menggunakan setrum.

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kota Pagaralam, Pitermansyah melalui Kabid Perikanan, Sarjanawi mengatakan, program tersebut dilakukan bukan saja untuk menjaga populasi ikan, namun untuk memperbanyak populasi ikan yang ada di sejumlah aliran sungai.

"Tahun ini kita akan kembali melakukan restocking ikan disejumlah sungai. Ikan yang akan kita sebar yaitu ikan jenis Nila. Bibit tersebut akan kita sebar disemua sungai yang ada di lima kecamatan," ujarnya.

Setelah melakukan restocking bibit ikan, pemkot juga akan memasang papan imbauan dilarang untuk melakukan aktivitas pemancingan disejumlah sungai.

"Setalah melakukan pelepasan bibit ikan kita langsung memasang papan himbauan kepada warga untuk tidak mancing dan mencari ikan dengan menggunakan setrum," tegasnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak menangkap ikan dengan menggunakan bahan kimia berbahaya seperti racun potas, tube atau sejenisnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.