Header Ads

Kini, Ada Keju Pecorino Toscano Halal Pertama di Italia


SRIWIJAYA RADIO - Badan halal Italia baru saja mengeluarkan sertifikasi halal pada salah satu produk keju. Keju jenis pecorino Toscano yang diproduksi oleh Caseificio Sociale Manciano sudah berlabel halal. Karenanya, keju asal Tuscany Italia inipun dinobatkan sebagai keju pecorino halal pertama.

Pecorino Toscano merupakan keju berbahan dasar susu biri-biri. Keju ini tak bisa sembarangan dibuat, karena sudah berlabel D.O.C (Denominazione Di Origine Controllata) yang mengharuskan proses produksi dan karakter fisik keju harus konsisten dan konstan. Susu yang dihasilkan haruslah berasal dari domba yang dikembangkan di kawasan Tuscany.

Seperti dikutip dari Halal Focus (30/04/2013), sertifikasi halal dikeluarkan olehZayd Ibn Thabit Islamic Association yang turut bekerja sama dengan TUV Italia Srl. Tak ada yang berubah dari proses produksinya, namun jenis bahan baku yang digunakan sudah disesuaikan dengan standar kehalalan.

Diharapkan, adanya sertifikasi halal pada produk ini bisa membantu tingkatkan angka penjualan. Label halal juga diharapkan bisa menjadi metode pendekatan tersendiri dalam pasar produk berbahan susu.

Sebelumnya, ada juga keju asal Inggris dengan merk Joseph Heler Cheese yang bersertifikasi halal. Bekerjasama dengan European Halal Development Agency (EHDA), sertifikasi halal tersebut menjamin seluruh proses pembuatan keju, dari mulai perolehannya, pengolahan hingga dikemas dan siap dikonsumsi sudah sesuai dengan syariah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.