Header Ads

Cara Perbaiki Jam Biologis Waktu Bangun Tidur


SRIWIJAYA RADIO - Tubuh secara alami memiliki jam biologis yang berfungsi mengatur apa yang harus dilakukan tubuh secara alami. Salah satunya, jam biologis waktu bangun tidur. Bagaimana dengan jam biologis Anda?

Banyak orang kini yang bangun dari tidur dengan bantuan waker. Karena tanpa bantuan waker atau tanpa dibangunkan orang lain, maka Anda mungkin bisa telat beraktivitas. Anda merasa jam biologis bangun tidur Anda bermasalah? Bisa kok diperbaiki.

"Jam biologis ini berfungsi mengatur kapan tubuh harus beristirahat, kapan tubuh memerlukan makanan atau kegiatan lainnya yang dilakukan tubuh selama 24 jam. Ini disebut circadian clock. Jika sudah terbiasa bangun karena dibangunkanwaker, maka mereka mengalami yang disebut para peneliti social jet lag. Bisa kok diperbaiki," tutur Astri Kurniawati, M.Si, Manager of Nutrition and Health Science Department, Nutrifood Research Centre, dalam diskusi media dan Nutrifood dengan tema Diabetes Attacks Younger People di fX Plaza, Jakarta.

Astri menjelaskan, social jet lag adalah mereka yang ketika tidur, tidak bisa bangun sendiri. Mereka memiliki ketergantungan kepada waker. Padahal, tubuh memiliki jam tersendiri, kapan harus bangun dan kapan harus tidur. Itu disebut circadian clock. Circadian clock yang terganggu ini, dapat juga memengaruhi insulin dalam tubuh.

Lantas, bagaimana memerbaiki circadian clock agar tidak terus-menerus mengalami social jet lag? "Caranya dengan membiasakan tidur lebih cepat. Agar tubuh secara alami akan bangun lebih cepat. Bagaimana agar bisa cepat tidur? Semua ini karena kebiasaan yang dibentuk sehari-hari," jelas Astri.

Untuk dapat membiasakan diri tidur lebih awal agar bisa memperbaiki jam biologis bangun tidur, serta mendukung tidur malam berkualitas, Astri menyarankan kiat-kiat berikut:

- Tidak beraktivitas di malam hari. Kalau bisa, hentikan pekerjaan di tengah malam.
- Olahraga empat jam sebelum tidur. Karena dengan berolahraga akan banyak energi yang terbuang. Tubuh  menjadi lelah dan butuh tidur.
- Jauhkan handphone atau alat-alat elektronik seperti televisi. Ini agar tak ada gangguan ingin nonton atau main handphone.
- Minum susu hangat sebelum tidur. Susu diyakini membuat tidur lebih nyenyak. Pada susu, ada zat yang disebut triptofan. Ketika mengalir dalam aliran darah, triptofan melepaskan hormon mealtonin, perangsang tidur.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.