Header Ads

Sumsel Bakal Tingkatkan Sektor Industri


SRIWIJAYA RADIO - Jika selama ini  Sumsel bertumpu pada sektor Batu bara, sawit, dan karet guna mencapai angka 7 persen pertumbuhan ekonominya, maka tahun 2014 mendatang, sektor lain macam industri bakalan ditingkatkan lagi pengembangannya.

Lebih lanjut dikatakan, selama ini dengan hanya mengandalkan tiga sektor saja, pertumbuhan ekonomi Sumsel sempat melemah hingga ke angka 6 persen saja. Hal amatlah dimaklumi, melemahnya harga karet, sawit, dan batubara di pasaran dunia amat berpengaruh. ‘’Karenanya jika sektor industri ini kita kembangkan maka pertumbuhan ekonomi tak akan berpengaruh lagi,’’ cetus Alex Noerdin saat membuka Musyawarah  Rencana Pembangunan (Musrembang) 2013 di Hotel Arista Palembang, Kamis (04/04).

Dengan semakin berkembangnya Provinsi Sumsel sejak beberapa tahun terakhir diharapkan  ke depan sudah tidak lagi selalu bertumpu terhadap hasil dari tiga komoditi tersebut. Sehingga dengan begitu ketika ada gejolak pertumbuhan ekonomi tidak terlalu berpengaruh.

‘’Karena untuk mengantisipasi agar pertumbuhan ekonomi Sumsel tetap naik adalah mengembangkan industri jadi. Jadi, kalau selama ini karet diekspor lalu kembali lagi menjadi bahan jadi. Maka selanjutnya semua harus diproduksi sendiri dan diekspor dalam bentuk jadi,’’ tegas Gubernur.

Sedangkan Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Ir. Rizky Ferianto MA yang hadir pada pertemuan tersebut mengatakan bahwa turunnya pertumbuhan ekonomi di Sumsel beberapa bulan lalu karena turunnya harga beberapa komoditi di pasaran dunia. Karenanya jika Gubernur akan memberdayakan dan meningkatkan sektor industri, maka hal itu amat tepat demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sumsel saat ini,’’ tandas Rizky.
\
Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.