Header Ads

Provinsi Sumsel Raih Anugerah Pangripta Nusantara, Terbaik I Kelompok B


SRIWIJAYA RADIO - Provinsi Sumatera Selatan kembali mendapatkan penghargaan di bidang perencanaan. Setelah tahun 2011 dan tahun 2012, tahun 2013 ini untuk kali ketiga.Provinsi  Sumatera Selatan meraih penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara.

Pada tahun ini, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) memberikan penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Pratama dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2013 Tingkat Provinsi, yakni terbaik I kelompok B diberikan kepada Provinsi Sumatera Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PPN/Kepala BAPPENAS Armida S. Alisjahbana kepada masing-masing kepala daerah. Untuk Sumatera Selatan, Gubernur H Alex Noerdin diwakili oleh Kepala Bappeda Yohannes H. Toruan. Sementara itu,peringkat kedua dan ketiga ditempati Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Aceh.

Sedangkan pada kelompok A, secara berurutan ditempati oleh Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta dan Bali. Penyerahan penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara,digelar bersamaan dengan acara penutupan Pra Musrenbangnas di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (29/4).

Provinsi Sumsel mendapatkan pratama terbaik 1 untuk kelompok B (daerah yg memiliki Sumber Daya Alama melimpah tetapi belum optimal). Adapun yang menjadi dasar penilaian Provinsi Sumsel menjadi terbaik I di kelompok B karena memiliki dokumen perencanaan yang baik , konsiten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksankan sesuai dengan RPJMD daerah.

Dampak yang didapat oleh Provinsi Sumsel setelah menerima penghargaananugerah ini, yakni pelaksanaan pembangunan di Sumsel akan semakin konsisten sesuai dengan RPJMD dan terukur pencapiannya. “Masyarakat akan lebih menikmatin pembangunan yang merata dan terrencana di Sumsel,” ungkap Yohannes H Toruan, Senin (29/4).

Pemprov Sumsel menyikapi anugerah ini menjadi tantangan ke depan untuk dapat menyusun perencanaan pembangunan lebih  baik lagi (perbaikan yg terus menerus),sehingga road map pembanguman Sumsel dapat dimengerti oleh seluruh stakeholder, dan melaksanakan pembanguman sesuai dengan road map pembangunan tersebut, sehingga tujuan pembangunan dapat terwujud dan dirasakan oleh seluruh pihak.

Menurut Yohannes H Toruan, penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara inidibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok A (untuk daerah SDA yang sudah dimanfaatkan secara optimal), sedangkan kelompok B (untuk daerah yang SDA melimpah tetapi belum optimal). Dari masing-masing dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori pangripta nusantara utama dan pratama. Provinsi Sumsel mendapatkan AnugerahPangripta Nusantara Pratama kelompok B terbaik 1.

Kriteria dalam penilaian terhadap RKPD Provinsi tersebut melalui tiga tahapan yaitu : Penilaian  terhadap Dokumen Perencanaan (tahap I), yakni keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman serta keterukuran. Penilaian terhadap Proses Perencanaan (Tahap II), yakni perencanaan dari bawah (bottom up), dari atas (top down), teknokratik dan politik. Presentasi dan wawancara (tahap III)

Tujuan pemberian anugerah ini, untuk mendorong setiap daerah menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan, serta sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untukmewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu.


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.