Header Ads

Polda Sumsel Amankan Ratusan Tahu Berformalin



SRIWIJAYA RADIO - Ditreskrimsus Polda Sumsel dari Indaksi (Industri, Perdagangan dan Produksi) menggelandang pembuat tahu berformalin yang dilaporkan dari masyarakat.

Pada Sabtu (2/3/2013), Indaksi Polda Sumsel yang dipimpin langsung Kanit II Kompol  Baginda dan Kanit III Iptu Hadi dan melakukan penyelidikan dan menangkap tersangka Yohandi (40), warga Jl Desa Segayam Kec Gelumbang di rumahnya yang diketahui membuat tahu berformalin siap edar.

Saat dilakukan pengeledahan di rumahnya, ditemukan 120 biji tahu siap edar dan berformalin. Mendapati temuan itu,  petugas Ditkerimsus Polda Sumsel langsung mengamankan barang bukti dan tersangka Yohandi untuk diperiksa di Mapolda Sumsel.

Yohandi mengaku, dia membuat tahu memakai formalin baru dilakukannya sekitar dua bulan belakangan ini. "Aku memakai formalin ini agar tahu itu bisa awet  Pak, jadi jika tidak abis dijual oleh pedagang, tahu ini bisa disimpan untuk besok, Pak," ungkapnya di Polda Sumsel

Ia mengaku pernah rugi besar akibat tahu yang dibuatnya tanpa menggunakan formalin tidak laku dijual. "Karena saat dibawa ke pengecer, dalam perjalanan tahu  itu bisa pecah dan tidak tahan lama," ujarnya.

Saat ditanya sehari Yohandi bisa berapa banyak membuat tahu, warga keturunan ini menjawab, seharinya ia bisa membuat tahu sebanyak 1.500 biji dengan  formalin.

"Sudah dua bulan aku pakai formalin. Tahu ini aku sebarkan di pasar-pasar Gelumbang," katanya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.