Header Ads

Pendidikan dan Kesehatan Jadi Sorotan Dewan


SRIWIJAYA RADIO - Setelah melalui proses persidangan yang cukup panjang dan alot, akhirnya Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Pagaralam 2012 diterima semua Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pagaralam.

Diterimanya LKPJ Walikota tersebut setelah pihak DPRD mengelar rapat Sidang Paripurna, Senin (4/3/2013) di ruang rapat DPRD. Seluruh anggota dewan menyetujui LKPJ tersebut dengan memberikan beberapa catatan strategis yang wajib dilaksanakan.

Hadir pada sidang Paripurna Wakil Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati, Sekretaris Daerah (Sekda) H Safrudin, kepala Dinas, Badan, Kantor, Bagian dilingkungan Pemkot Pagaralam.

Catatan strategis yang diberikan Pansus atas LKPJ Walikota tersebut yaitu masalah kependudukan dan catatan sipil. Saat ini diketahui jumlah penduduk Pagaralam tercatat 153.507 jiwa. Namun dari angka yang ada belum tercatat para pendatang baru.

Di bidang pendidikan, dewan mencatat masih rendahnya partisipasi pendidikan di sekolah pada 2012 lalu akibat tingginya biaya pendidikan yang seharusnya dapat diatasi melalui beasiswa bagi siswa yang kurang mampu. 

Untuk Bidang Kesehatan, dinas bersangkutan harus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai jenis penyakit menular yang saat ini penderitanya terus meningkat dan adanya trasparansi kegiatan di Dinas Kesehatan.

Untuk Dinas Perhubungan, Pembangunan Bandara Atung bungsu diharapkan tetap terus dilaksanakan sesuai dengan rencana awal peruntukanya. Badan Lingkungan hidup harus terus mencermati adanya potensi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Dinas Pekerjaan Umum, untuk dapat berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait lainya dalam melakukan perbaikan saluran irigasi yang rusak, perlu dilakukan penyuluhan kesadaran masyarakat untuk memeliharan fasilitas umum, pelaksanaan kegiatan PNPM perlu lebih disosialisasikan. 

Ketua DPRD Kota Pagaralam, Ruslan Abdulgani mengatakan, dari dua Pansus yang dibentuk dalam rangka pembahasan LKPJ tersebut, semuanya telah memutuskan menerima LKPJ yang telah disampaikan Walikota Pagaralam. Namun ada beberapa catatan strategis yang mesti dilaksanakan pihak Eksekutif.

"Pansus telah memberikan catatan strategis untuk dilaksanakan dalam pembahasan LKPJ ini. Diharapkan sejumlah poin cacatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik," ujarnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.