Header Ads

Dua Minggu Gunung Api Dempo tak Beraktivitas


SRIWIJAYA RADIO - Aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo (GAD) beberapa minggu belakangan ini mengalami penururnan. Bahkan dari hasil rekam data di alat Sisesmograf selama dua minggu ini tidak terekam aktivitas gempa Vulkanik dalam, Tektonik Jauh dan Tektonik Lokal.

Pantauan Sripoku.com, Minggu (17/3/2013), berdasarkan pantauan visual di lapangan tidak terlihat adanya hembusan di puncak kawah Merapi. Kondisi ini cukup berbeda karena biasanya GAD selalu menunjukan aktivitas kegempaan.

Ketua Pos Pemantau GAD, Slamet didampingi staffnya Mulyadi mengatakan, penurunan aktifitas GAD dapat dilihat serta ditandai dengan tidak adanya rekaman kegempaan sama sekali dalam beberapa minggu terakhir.

"Sudah sejak dua minggu ini tidak ada aktifitas kegempaan apapun yang terekam di alar Siesmograf. Bahkan dari hasil pengamatan kita simpulkan aktifitas Gunung Api Dempo  menurun," ujarnya.

Sampai saat ini status GAD normal atau berada dilevel I. Namun pihaknya Pos Pemantau GAD tidak bisa memprediksi aktifitas GAD nantinya.

"Melihat kondisi ini kita terus melakukan himbauan kepada para pendaki untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena kita khawatir nantinya ada aktivitas diluar dugaan kita," jelasnya.

Memang cuaca sekitar Gunung Dempo beberapa hari ini cukup cerah. Angin bertiup tidak terlalu kencang dan tidak terlihat gumpalan awan tebal di puncak gunung. Namun karena sifat GAD yang fluaktif secara cepat, pengamanatan dan pemantauan akan tetap dilakukan secara rutin. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Gunung api dempo memangh memiliki sifat yang fluaktif dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk itu kita harus tetap waspada dengan kondisinya saat ini," imbaunya.

                                          

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.