Header Ads

Alex Noerdin dukung Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan


SRIWIJAYA RADIO - Palembang−Untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen perempuan Indonesia khususnya di Sumatera Selatan, agar wawasan, pengetahuan dan keterampilan pengembangan peran politik serta pemberdayaan perempuan menjadi berkualitas, Kemenko Kesra RI menyelengarakan Rapat Koordinasi Kebijakan Pembangunan Manusia Indonesia dalam rangka Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan, di Graha Bina Praja Provinsi Sumsel, Rabu (27/03/2013).

Menurut Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Rapat Koordinasi Kebijakan Pembangunan Manusia Indonesia untuk Meningkatan Kualitas Hidup Perempuan dapat dijadikan modal Pemerintah Provinsi Sumsel, agar peran perempuan di legislatif dapat mewakili sekaligus memberdayakan pemingkatan kualitas perempuan di Sumsel.

“Oleh karena itu Kebijakan Pembangunan Manusia Indonesia dalam rangka Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan sangat penting untuk menyatukan persepsi perempuan Indonesia, khususnya di Sumsel untuk memposisikan dirinya dalam memperjuangan bangsa dan terlibat aktif dalam berbagai peran politik,” kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Lembaga legislatif telah menentukan 30% dari penetapan keterwakilan Perempuan Indonesia setelah Undang-Undang Politik direvisi. Untuk memenuhi quota tersebut, maka diberikanlah pendidikan politik bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen perempuan Indonesia khususnya di Sumatera Selatan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara Asisten Deputi Urusan Kualitas Hidup Perempuan Dra Detty Rosita Mpd mengatakan acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen masyarakat terhadap terpenuhinya kuota 30% keterwakilan kaum perempuan di lembaga legislatif terutama di Provinsi Sumatera Selatan. Untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan menyatukan persepsi perempuan dalam pengambilan keputusan serta pengembangan peran politiknya bagi yang ingin terjun di dunia politik pada pemilu 2014.

Pada pertemuan ini, tambah Detty Rosita, peserta akan mendapatkan informasi tentang kebijakan dan strategi nasional peningkatan kualitas hidup perempuan dan optimalisasi keterwakilan perempuan dalam proses pengambilan keputusan.

Deputi VI Bidang Koordinasi Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Anak Kemenko Kesra Dra Ina Hernawati mengatakan pertemuan ini merupakan salah satu agenda kegiatan Menko Kesra di daerah, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Berdasarkan data nasional, dalam beberapa tahun terakhir kaum perempuan di Indonesia kian berkontribusi besar. Partisipasi perempuan Indonesia dalam lapangan kerja dan pendidikan sudah meningkat pesat.
Namun demikian dalam kenyataannya, dalam berbagai kesempatan perempuan masih kerap mengalami diskriminasi. Bahkan sering menjadi objek eksploitasi, mengalami kekerasan, subordinasi serta ada upayanya marginalisasi perempuan.

Permasalahan lain, perempuan juga kerap mengalami beban ganda, double burden. Sementara peningkatan kesempatan perempuan yang bekerja semakin bertambah. Hal ini tidak diiringi dengan berkurangnya beban mereka di wilayah domestic


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.