Header Ads

Penutupan Tangkuban Parahu Berlaku Sampai Aktivitas Kawah Ratu Normal


SRIWIJAYA RADIO - Tangkuban Parahu berstatus Waspada sejak pukul 22.30 WIB, Kamis (21/2/2013). Dalam radius 1,5 kilometer dari Kawah Ratu, pengunjung dan pedagang dilarang masuk. Penutupan wisata Tangkuban Parahu tersebut akan dilakukan hingga aktivitas kegunungapian kembali normal.

Sebelumnya, pada Agustus 2012 lalu, Tangkuban Parahu sempat berstatus Waspada selama sekitar 29 hari.

"Kalau aktivitasnya sudah normal lagi, ya statusnya kita turunkan lagi. Kalau nanti malam normal, bisa jadi besok dibuka seperti biasa," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Sigit Ujwalprana Pos Pengamatan Gn Tangkuban Parahu, Desa Cikole Kecamatan Lembang Kab Bandung Barat, Jumat (22/2/2013).

Ia mengatakan di Pos Pengamatan tersebut dijadikan posko bersama untuk PVMBG, BNPB, Pemkab Bandung Barat dan Subang, Polres, Danramil hingga pihak pedagang dan pengusaha.

"Jadi kalau ada perkembangan, mereka bisa mengetahui bersama," tuturnya.

Sebelumnya, pada Agustus 2012 lalu, Tangkuban Parahu sempat berstatus Waspada selama 29 hari. Selama itu juga kawasan wisata Tangkuban Parahu ditutup bagi pengunjung dan pedagang.

Perkembangan kondisi Tangkuban Parahu hingga pukul 14.15 WIB disebut Sigit terlihat adanya penurunan aktivitas dibandingkan semalam. "Sampai saat ini perkembangannya cukup baik, dalam artian terjadi penurunan aktivitas. Tapi statusnya masih Waspada," pungkasnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.