» » MENTERI PU PERA : TOL LAMPUNG - PALEMBANG JADI PRIORITAS

Sriwijaya Radio, Palembang - Pembangunan jalan tol Lampung - Palembang sepanjang 148 km menjadi prioritas utama, dalam rangka menyambut Asean Games 2018.

Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat , Basuki Hadimuldjono.

"Dari Merak, Bakauheni sudah 2 km dikerjakan. Sementara, pembangunan tol arah Lampung sedang dikerjakan 10-15 km. Kita harus optimis pembangunan ini akan selesai sesuai targetn, yakni sebelum Asean Games 2018. Saya pribadi sangat mengapresiasi Gubernur Sumsel dan Gubernur Lampung yang bersinergi dengan baik untuk mempercepat proses pembebasan lahan, demi mencapai target tesebut," ujarnya.

Pembebasan lahan sendiri yang sudah dilakukan menggunakan dana APBN sebesar 20 miliar.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin juga menuturkan, pembangunan tol ini merupakan wujud nyata konektifitas di Pulau Sumatera.

"Saya pastikan, pembangunan tol Bakauheni-Tebanggi-Pematang Panggang-Kayuagung-Palembang-Tanjung Api-api akan selesai sebelum Asean Games 2018," tegasnya.

Sementara, Tol Palindra sepanjang 24,5 km, akan dikerjakan dengan teknologi terbaru, sehingga biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat dibanding dengan teknologi biasa.

"Teknologi vacuum ini ditemukan di China, dan sudah berhasil. Akan kita lakukan di titik 0 sebanyak 3.000 meter dahulu sebagai percobaan, dipompa selama 4 bulan. Saya optimis ini akan berhasil, mengingat jika menggunakan teknologi lama, maka penurunan selama 20 tahun bisa mencapai 2 meter. Ditargetkan selesai awal tahun depan," tukasnya.

Alex juga menyampaikan, untuk di titik ujung tol di kawasan depan Universitas Sriwijaya, interchange sudah bisa dibangun karena kontur tanah sudah kering. Ditargetkan pula, pengerjaan ini akan selesai di bulan Februari 2016.

"Dengan semua target tersebut, nantinya tol sudah bisa diuji coba 5 km," tegasnya.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: