Header Ads

REVITALISASI PASAR 10 ULU

Sriwijaya Radio, Palembang - Sebelum diresmikan awal April nanti, 86 pemilik kios dipastikan akan menempati pasar 10 Ulu Palembang. Dari 183 kios sebelumnya yang terdata, hanya 86 kios yang bakal ditempati.

Kepala PD Pasar 10 Ulu, Rully mengatakan, pihaknya tidak bisa memasukkan semua pedagang yang terdata sebab kapasitas tidak memungkinkan.

“Pedagang ini ada yang memiliki kios lebih dari satu, sehingga kami harus membagi rata kepemilikan kios satu orang satu kios,” kata Ferry, Kepala Pasar 10 Ulu Palembang, Rabu (18/3) kemarin.

Dijelaskan, pedagang akan segera berdagang di lokasi sambil menunggu peresmian dari Kementerian Perdagangan RI. Untuk pedagang yang masih memiliki hak memiliki kios maka akan dibangun kios dengan dana swadaya pedagang itu sendiri. Sehingga nanti bisa ditempati pedagang itu sendiri.

Rully juga menyebutkan, untuk lapak pasar sendiri pihaknya sudah menyediakan 336 meja, sehingga pedagang bisa dapat melakukan aktivitas perdagangangan.

“Memang semua pedagang tidak semua masuk, karena kapasitasnya terbatas,” jelasnya.

Seperti diketahui, proses revitalisasi pasar ini berlangsung alot, dari rencana pembangunan selesai akhir 2014 namun baru kini mendapat angin segar akan dioperasionalkan.

Sejumlah pedagang yang berharap besar dengan proses revitalisasi ini bahkan harus menunggu beberapa bulan, dan berjualan seadanya bahkan merugi setelah direlokasi di kawasan 7 Ulu.

“Pedagang ini awalnya sedikit, namun ketika akan dibangun, semua pedagang mucul dan pendataan memang saat itu masih belum baik,” kata Rully.

Untuk retribusi dan keamanan serta kebersihan yang harus dibayar pedagang 7 ribu rupiah per hari, selama belum ada pelimpahan pengelolaan dari kementerian, pedagang tidak dipungut biaya sewa.

Pihaknya sendiri sebagai pengelola tidak mau berkomentar terhadap ukuran kios yang mengecil dari semula. “Mungkin itu urusan orang yang membangun, kami hanya yang mengelola,” jelasnya.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.