Header Ads

CHICCO JERIKHO &DEWI IRAWAN SABET FFI 2014

Sriwijaya Radio Palembang. FFI 2014 sukses digelar di Hall of PSCC Palembang, Sabtu (6/12) malam. Sejak pukul 18.00 para artis mulai mendatangi lokasi acara dan melewati karpet merah, seperti Dian Sastrowardoyo, Revalina S Temat, Reza Rahardian, Chiko Jericho dan masih banyak lagi. FFI tahun ini juga terasa spesial karena dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana.

Dalam kata sambutannya, Presiden mengatakan sangat bangga atas semua insan perfilman, dan pemerintah akan mendukung sepenuhnya perfilman Indonesia. "Dengan film, kita pasti bisa mendukung ekonomi kreatif," katanya. Ditambahkan Joko Widodo, pemerintah juga akan membentuk Badan Ekonomi Kreatif yang berada langsung dibawah Presiden.

Ada sekitar 100 juri yang menilai semua nominasi film dalam Anugrah Piala Citra ini, yang terdiri dari berbagai profesi. Hasilnya, kedua puluh Piala Citra dipersembahkan kepada insan perfilman terbaik tahun ini.

Sebut saja, Film Animasi Terbaik diraih oleh Asia Raya produksi Crymsonic Picture, Film Dokumenter Terbaik yakni Dolanan Kehidupan produksi Eagle Institut Indonesia, Film Pendek Terbaik yakni Onomastika produksi Lanjung Production, dan Film Terbaik tahun ini diberikan pada film Cahaya Dari Timur produksi Sinema Picture.

Insan film dibalik layar juga diberikan penghargaan, yakni Penata Busana Terbaik diraih oleh Retno Ratih Damayanti dalam film Soekarno, Penata artistik  terbaik yakni Alan Sebastian dalam  film Soekarno, Pengarah Efek Visual Terbaik yakni  Eltra Studi dan Adam Howart dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Penyunting gambar terbaik yakni  Cesa David dan Wawan I Wibowo dalam film Soekarno, Pengarah Sinematografi Terbaik diraih Nur Hidayah dalam film Sebelum Pagi Terulang Kembali, Penata Suara Terbaik yakni Fajar Yus Kemal dan Andi Prayogi dalam film Killers, Penata Musik Terbaik yakni Fajar Yuskemal dalam film Killers, Penulis Skenario Terbaik yakni Tumpal Tampubulon dalam film Tabula Rasa, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik yakni Riri Riza film Sokola Rimba, dan Sutradara Terbaik diraih Adriyanto Dewo film Tabula Rasa. 

Pemeran Utama Pria Terbaik diraih Chicco Jerikho dalam film Cahaya dari Timur, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik diraih Dewi Irawan dalam film Tabula Rasa. Sedangkan untuk Pemeran Pendukung Pria dan Wanita Terbaik Piala Citra diberikan kepada Yayuk dalam film Tabula Rasa dan  Tika Bravani dalam film Soekarno.  

Event tahunan di bidang perfilman  ini juga dihibur oleh penyanyi papan atas Indonesia seperti Ari Lasso dan Ipank.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

Suasana pemberian penghargaan kepada insan film
Salah satu aktor papan atas, Lukman Sardi bersama istri

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.