Header Ads

Pempek








Bagi masyarakat Kota Palembang, Pempek dan Model merupakan makanan yang selalu di nikmati hampir setiap hari, bahkan ada beberapa daerah tertentu yang memiliki penduduk asli Palembang mengatakan, wajib  makan Pempek dan Model setiap hari, karena kalau tidak berasa ada yang kurang.  Ya begitulah memang kenyataannya, bisa di katakan Pempek dan Model adalah jenis makanan tradisional yang berbahan utama ikan dan sagu ini , tidak ada jenuhnya untuk dimakan.
Pada hari raya Idul Fitri biasanya makanan ini selalu tersediah hampir di setiap rumah, dan anehnya meski di rumah sendiri membuat pempek atau model, tetapi bertamu ke rumah orang, Pempek, Model atau Tekwan tetap menjadi makanan yang di buru.   Pempek atau Model kalau di Palembang lebih banyak menggunakan ikan Gabus, Tenggiri, Kakap, atau  ikan Parang-parang, katanya rasa lebih nikmat.  Dulu Pempek atau model masyarakat palembang biasa membuatnya dengan Ikan Belida, tetapi karena ikan ini langka jadi lebih banyak menggunakan jenis ikan Gabus atau Tengiri.
Menurut sejarah Pempek telah ada di Palembang sejak masuknya para perantau Cina, atau di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badarudin II berkuasa di Kesultanan Palembang Darussalam. Nama Pempek sendiri diyakini berasal dari kata Apek, sebutan untuk anak lelaki Cina.
Banyak cerita soal Pempek yang berkembang di masyarakat Palembang, seperti cerita si Apek, lelaki asal Cina yang baru datang ke Palembang, ia tinggal di pinggiran sungai Musi, dan merasa prihatin dengan tangkapan ikan warga yang berlimpah, tetapi di konsumsi dengan cara di goreng, karena si Apek memiliki ke ahlian dalam bidang masakan, ia mencoba mencampurkan daging ikan dengan tepung tapioka atau sagu.  Ternyata eksperimen nya berhasil dan rasa makanan menjadi enak, ia pun menjual makanan itu dengan berkeliling sepeda, dan warga sering memanggil pek-pek. alias Apek.  karena panggilan pek-pek di ucap dengan cepat, akhirnya makanan ini dinamai Pempek.
Apapun ceritanya, yang pasti Pempek merupakan makanan yang sangat lezat dan nikmat, yang paling utama di dalam Pempek sendiri banyak sekali kandungan Vitaminnya. Karena di dalam pempek terdapat karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh karena menambah energi, karbohidrat pempek terdapat dari tepung sagu dan karbohidratnya termasuk "karbohidrat polisakarida".  Sementara Protein di dalam Pempek terdapat dari kandungan Ikan.  jadi wajar saja bila Pempek atau Model selalu di konsumsi oleh masyarakat Palembang, karena ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.  Tetapi tetap di ingat Pempek dan Model yang sehat, adalah yang tidak mengandung MSG juga bahan-bahan kimia lainnya. (C'Mar)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.