Header Ads

Muaraenim Targetkan MDGs 2015


SRIWIJAYA RADIO - Untuk mencapai target Millenium Development Goals (MDGs) tahun 2015, Pemkab Muaraenim melalui Satker Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Muaraenim, menggelar sosialisasi Sanimas tingkat Kabupaten Muaraenim. 

Kegiatan dilaksanakan tiga hari yakni dari tanggal 4-6 Juni 2013, di Gedung serbaguna RSUD Dr HM Rabain Muaraenim, Selasa (4/6/2013).

Hadir sebagai narasumber dalam acara sosialisasi tersebut Dosen ITB Bandung DR Ir M Cahyono P.hd, Satker Penyehatan lingkungan Pemukiman PLP Provinsi Sumsel Jalu Pardede,  Kadin PU Cipta karya dan Tata Ruang Kab Muaraenim Ramlan Suryadi ST dan Beppeda Kabupaten Muaraenim.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Hj Elly Yuliar ST,  tujuan sosialisasi tersebut agar komitmen mencapai target MDGs tahun 2015 di Muaraenim  dapat tercapai, dengan meningkatkan kesejahteraan dan memberikan kontribusi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara umum. 

Saat ini, Pemerintah memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai MDGs disektor air minum. Hal ini sesuai dengan UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan UU No 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah. Dimana, pemerintah daerah wajib memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat termasuk sanitasi.

Dikatakan Elly, untuk dikabupaten Muaraenim masih banyak masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai yang  memanfaatkan air sungai sebagai sumber air untuk sehari-hari. Dan jika kurangnya kepedulian tentang kesehatan tentu akan berakibat buruk bagi kesehatan masyarakat sendiri.

Untuk itu, dengan adanya sosialisasi Sanimas ini akan bisa meningkatkan kepedulian masyarakat, stakeholder, sanitarian terhadap penyediaan sarana sanitasi komunal berbasis masyarakat. Dari target MDGs tahun 2015 dalam hal akses sanitasi dasar sebesar 62,41 persen, maka tentu harus banyak usaha yang harus dilaksanakan untuk mencapainya.

Sementara itu, Bupati Muaraenim melalui wakil bupati H Nurul Aman SH mengatakan, bahwa Program Sanitasi merupakan upaya yang harus dicapai oleh masyarakat khususnya Kabupaten Muaraenim semaksimal mungkin sehingga tujuan atau target MDGs 2015 bisa terwujud. Untuk mencapai tentunya  dari segi pendanaan telah dilaksanakan melalui APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK). 

Ke depan diharapkan pula peran perusahaan seperti BUMN agar dapat menjadi mitra sehingga peran sertanya dalam masyarakat dapat benar-benar maksimal.

"Saya ucapkan selamat kepada semua peserta dan Panitia yang telah melaksanakan acara ini. Semoga akan dapat menjadi movitasi masyarakat dalam mencapai target Muaraenim yang Sehat Mandiri Agamis dan Sejahtera (SMAS) melalui Sanitasi, tukas Nurul Aman.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.