Header Ads

470 Siswa SMA Berlomba Wakili Sumsel


SRIWIJAYA RADIO - Sebanyak 470 siswa SMA sederajat mengikuti Olimpiade Sains (OS) 2013  se-Sumatera Selatan di SMA LTI Indo Global Mandiri (IGM) Jl Kol H Burlian Palembang, Selasa (4/6/2013). 

Mereka merupakan perwakilan dari 15 kabupaten/kota di Sumsel. Penanggung Jawab OS 2013 Drs Syamsurrijal MSi mengatakan perwakilan merupakan peringkat I-III OS yang sudah digelar kabupaten/kota masing-masing pada April lalu.

"Sebelumnya sudah dilakukan seleksi di daerah masing-masing dan peraih nilai tertinggi I-III berhak mewakili daerahnya untuk tingkat provinsi," katanya. Ada sembilan bidang pelajaran yang diperlombakan pada tingkat SMA di OS 2013, yaitu Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Kebumian, Kimia, Komputer, dan Matematika.

Untuk tingkat SMK ada lima materi yang semuanya diujikan, yaitu Matematika Teknologi, Matematika Non-Teknologi, Fisika Terapan, Kimia Terapan, dan Biologi Terapan. "Di SMK tidak dipelajari pelajaran IPA murni jadi semua yang diujikan merupakan terapan," jelasnya.

Mengenai soal yang diujikan, dikatakan Syamsu semuanya dikirim dari pusat sehingga pihaknya tidak mengetahui secara pasti materi apa saja yang ditanya. Bahkan sejak penyisihan di tingkat kabupaten/kota kisi-kisi dan soal semuanya dibuat oleh pusat. Begitu pula selesai pelaksanaan hasil lomba dikembalikan dan akan dinilai oleh pusat.

Agar dapat lolos mewakili provinsi nilai peserta harus melampaui passing grade yang ditentukan oleh pihak pusat. Sehingga tidak ada kuota pasti berapa peserta yang akan mewakili Sumsel pada OS tingkat nasional yang dijadwalkan pada 2-8 September di Bandung mendatang. 

"Kita tidak tahu berapa siswa yang akan mewakili Sumsel di tingkat nasional nanti. Ya kita berharap saja banyak siswa kita yang mewakili sehingga kesempatan untuk meraih emas di tingkat nasional semakin besar," ungkapnya. Pemenang OS tingkat nasional akan mewakili Indonesia di Internasional pada 2014 mendatang.

Peserta yang mengikuti berasal dari berbagai sekolah di Sumsel, seperti SMA N 4 Lahat, SMA Negeri 1 Muara Enim, SMA Negeri 3 Prabumulih, dan sebagian SMA unggulan di Palembang. Namun, peserta dari SMA Xaverius 1 Palembang terlihat mendominasi karena setiap bidang pelajaran mereka mampu mengirimkan perwakilan.

Selanjutnya dikatakan Syamsu, pengumuman hasil OS tingkat provinsi biasanya akan diumumkan sebulan setelah pelaksanaan dan hasil akan dikirim langsung ke sekolah yang siswanya menjadi perwakilan provinsi. Namun begitu, Dinas Pendidikan (Diknas) Sumsel tetap akan menerima surat pemberitahuan. mengenai hasilnya dan pihaknya akan mengumpulkan siswa yang menjadi perwakilan provinsi.

Syamsu mengatakan pihaknya akan memberikan pembekalan bagi peserta yang lolos untuk mengikuti OS tingkat nasional. Pembekalan tidak hanya berupa materi dan teori, pihaknya juga akan membekali perwakilan secara praktek yang biasanya bekerja sama dengan Graha Teknologi Jakabaring Palembang. 

"Misalnya untuk bidang Astronomi, kita akan latih siswa menggunakan teropong bintang, karena siapa tahu pada saat di Bandung nanti tiap peserta harus melihat bintang di Boscha," ujarnya.

Perwakilan Sumsel atas nama Yudistira dari SMA Xaverius 1 Palembang pernah meraih medali emas untuk bidang Fisika di OS tingkat Internasional pada 2004 silam. Di tahun 2010 perwakilan SMA Xaverius 1 Palembang atas nama Yohanes berhasil meraih medali emas tingkat nasional namun tidak mengikuti pembekalan di tingkat nasional sehingga tidak diikutsertakan pada tingkat Internasional. Tahun ini, Diknas Sumsel berharap hasil baik dapat diraih dan menjadi perwakilan Indonesia di tingkat Internasional.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.