Header Ads

150 Santri Sumsel Diberangkatkan Jambore


SRIWIJAYA RADIO - Sebanyak 150 santri dari rumah tahfiz Sumsel diberangkatkan ikut Jambore Penghafal Al-Quran Rumah Tahfidz yang diikuti santri Rumah Tahfidz serta Guru Tahfidz se-Sumatera Selatan, 20-23 Juni 2013 di Pagaralam.

Para peserta yang diberangkatkan ini dipimpin ustad Khoiril mendampingi para santri, tim medis dari Dinkes Provinsi Sumsel dilepas ustadz Masagus Fauzan Yayan SQ selaku Ketua Yayasan Rumah Tahfidz Sumsel di Masjid Kiai Marogan Palembang, Rabu (19/6/2013).

"Ada 150 peserta yang dilepas pagi ini dengan 5 bus. Sedangkan Para ustad berangkat Kamis (20/6/2013). Untuk keseluruhan pesertanya di sana nanti ada 250 peserta. Koordinator dan Mapala sudah ada 6 orang di lokasi Pesantren Daarul Muttaqin Desa Tanjungmenang. Untuk tabligh akbar dan peletakan batu pertama rumah tahfiz Nur Amanah di Gang Astra areal persawahan.

Kegiatan juga diisi safari dakwah di enam kelompok menyebar di masjid Raya Pagaralam. Ada yang tausiah, pengajian, nasyid. Untuk kemah ada acara outbound dari sekolah alam, dunia anak materinya belajar public speaking, dongeng, penyiar dengan instruktur nasyid senandung hikmah. Lalu masing-masing rumah tahfiz digelar perlombaan cerdas cermat, lomba azxan, Pildacil, Asmaul Husna, lomba kerapian dan kebersihan tenda. Untuk keamanan sudah disiapkan  berkoordinasi dengan Koramil setempat," jelas ustadz Masagus Fauzan Yayan SQ.

Dijelaskan Yayan, pada jambore di Pagaralam ini sekaligus juga digelar rapat kerja pengurus Forum Rumah Tahfiz Sumsel.

“Jambore ini sebagai momen penting berhimpunnya para huffazh guna meningkatkan peran dan kiprah Rumah Tahfidz di Sumsel baik kuantitas maupun kualitasnya, serta melatih para santri menjadi SIAP (Spiritual, Intelektual, Aktif, Profesional) sebagai Duta Quran di tengah-tengah masyarakat,” kata Yayan.

Ditambahkan Yayan, jambore ini dapat menjadi alternatif liburan sekolah karena waktunya tepat di masa liburan sekolah anak-anak, dan dalam rangka menumbuhkan rasa cinta para santri terhadap alam semesta.

Dipilihnya lokasi kawasan wisata alam Pagaralam untuk menambah suasana liburan yang betul-betul menyenangkan dan mengenalkan kepada santri dan para ustaz akan kekayaan alam di Sumatera Selatan.

Disamping itu para guru penghafal Al-Quran akan menimba wawasan dan pemahaman tentang Manajemen Rumah Tahfidz dan Metode Pengajaran dari Majelis Huffadz Rumah Tahfidz (MHRT) Pusat dari PPPA Daarul Quran Jakarta.

Untuk kegiatan outbond akan dipandu Kusmiran dkk dari Sekolah Alam Palembang (SaPa).
Dari Rumah-rumah tahfidz sudah konfirmasi mengirim utusan seperti dari Ogan Ilir, Prabumulih atau tetangga kita, Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung.

Puncak dari rangkaian acara jambore ini adalah Tabligh Akbar yang akan diisi oleh penceramah dari Pesantren Daarul Quran pimpinan ustad Yusuf Mansur dan penceramah dari Sumsel antara lain ustad KH Sholihin Hasibuan (Ketua Majelis Dhuhaa Sumatera Selatan).


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.