Header Ads

Prof. Dr. Ir. Faizal Daud, MS: Sumsel Maju Pesat


SRIWIJAYA RADIO - Kemajuan Sumsel selama kepemimpinan H. Alex Noerdin di 4 tahun belakangan ini diakui banyak pihak, tanpa terkecuali dari Rektor Universitas Sjakhyakirti Palembang, Prof. Dr. Ir. Faizal Daud, MS.

‘’Kita boleh berbangga bahwa kita berada di Sumatera Selatan dengan potensi SDA yang melimpah. Kinerja positif yang dibangun Pemerintah Daerah 4 tahun belakangan berdampak besar untuk kemajuan Sumsel. Sumsel maju psat. Hal ditunjukkan dengan peningkatan signifikan di sektor unggulan terutama perkebunan, pertambangan dan industri. Peningkatan sektor-sektor tersebut memberi peluang penyerapan tenaga kerja secara besar-besaran. Kinerja Pemerintah Daerah menempatkan Sumsel di deretan terbaik nomor 2 setelah Jawa Timur khususnya masuknya investasi dari luar. Artinya, makin tingginya investasi ke Sumsel akan diikuti peningkatan seluruh sektor termasuk sektor ekonomi. Menggeliatnya sektor ekonomi secara linier akan makin banyak membutuhkan tenaga kerja,’’ tutur Sang Profesor Faizal.

Hal itu dikatakan Faizal saat acara Orasi Ilmiah dan Wisuda ke-31 S1 dan ke-10 S2 Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti Periode 1 Tahun Akademik 2012/2013 dengan tema “Perkembangan PTS di Sumsel dalam rangka mewujudkan Sumsel Gemilang”,  di Grand Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Senin, (15/4).

Dalam acara yang dihadiri Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin dan Koordinator Kopertis Wilayah II, Prof Dr. Hj Diah Natalisa juga dikatakan bahwa wisuda bukan sekedar seremonial, tetapi merupakan peristiwa penting yang menunjukkan berakhirnya tugas layanan dan asuhan secara formal dari lembaga pendidikan untuk menjadikan insan bertaqwa, berakhlak mulia, dan siap berbagi serta mengamalkan ilmu. ‘’Sampai wisuda saat ini, Universitas Sjakhyakirti telah melepas sarjana sebanyak 14.733 orang. Di usia yang ke-33, Universitas Sjakhyakirti juga terus berupaya meningkatkan perangkat fisik dan akademik untuk mencetak sarjana-sarjana yang berkualitas,’’ tegas Faizal.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin mengucapkan selamat kepada semua wisudawan/i yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Universitas  Sjakhyakirti Palembang.

‘’Wisuda yang merupakan refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, hendaknya tidak dijadikan semata-mata sebagai acara rutin yang bersifat seremonial. Tetapi lebih dari itu harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap proses manajerial penyelenggaraan pendidikan, mulai perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan penilaian serta hasil yang telah dicapai,’’ ujar Gubernur.

Saat ini, lanjut Gubernur, masyarakat dan dunia kerja semakin menuntut kualitas. Untuk itu peningkatan kualitas perlu dilakukan secara terus-menerus, karena kualitaslah yang menentukan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Kualitas pendidikan akan memberi dampak yang signifikan terhadap kualitas SDM dan daya saing bangsa dalam percaturan global. ‘’Oleh karena itu, untuk kepentingan masa depan bangsa, marilah kita wujudkan komitmen yang untuk memberikan pendidikan yang terbaik pada masyarakat,’’ tegas. Alex seraya menawarkan 1 laboratorium bahasa dan 1 laboratorium komputer dengan total nilai Rp 600 juta serta hibah dana sebesar Rp 1,2 milyar.

Berdasarkan laporan Ketua Yayasan Perguruan Sjakhyakirti, Ir. H. Sapiudin Rani, mereka yang diwisuda mencapai  532 orang dengan rincian  Fakultas Pertanian: 53 orang, Fakultas Ilmu Administrasi: 163 orang, Fakultas Ekonomi: 163 orang,  Fakultas Hukum: 229 orang, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan: 6 orang, dan Program Pascasarjana: 18 orang.


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.