Header Ads

Kesbangpol Linmas Siapkan Rp 22 M untuk Honor Linmas


SRIWIJAYA RADIO - Sedikitnya disiapkan dana Rp 22 miliar untuk mendanai honor anggota Linmas yang ikut bertugas membantu penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan WakilGubernur Sumsel, Juni 2013 mmendatang.

Meskipun keputusan besarannya honor bagi anggota Linmas ini belum disetujui, tetapi Badan Kesatuan dan Kebangsaan Politik dan Perlindungan Masayarakat (Kesbangpol Linmas) tetap harus mengadakan anggarannya.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel Ikhwanudin, Sabtu (9/3/2013)  mengatakan, saat Pilgub Sumsel mendatang, pihaknya bekerjasama dengan kabupaten/kota merekrut 74 ribu anggota Linmas.
Anggota Linmas ini akan ditempatkan dua orang di TPS, 10 orang di desa/kelurahan, 31 orang di kecamatan, dan 100 Linmas di kabupaten/kota.

Mereka ini nantinya bekerja selama proses pemungutan suara dan menjaga kotak suara hingga ke tingkat kabupaten/kota. Setiap Linmas diusulkan mendapat honor Rp 300 ribu perhari.

"Itu honor yang ideal. Tapi kita serahkan sepenuhnya kepada BPKAD Sumsel," ungkap Ikhwanuddin seraya menambahkan anggota Linmas ini nantinya direkrut sedemikian rupa untuk membantuapara keamanan di lokasi mereka masing-masing.

Untuk  kebutuhan logistik  Linmas ini, lanjut Ikhwanuddin sedang dalam proses lelang.Ikhwanuddin optimis, Mei nanti  semuanya siap didistribusikan  ke seluruh daerah.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel, Laonma PL Tobing pada Jumat lalu, menyebutkan pihaknya sudah menganggarkan dana Rp 18 M untuk memenuhi kebutuhan logistik Linmas.

"Kami pastikan, pertengahan atau akhir Mei kebutuhan logistik Linmas sudah diserahkan ke seluruh kabupaten/kota," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (9/3).

Dikatakannya, pengadaan logistik seperti seragam, sepatu, topi, kaos, dan peralatan lainnya ini berdasarkan usulan setiap daerah yang disampaikan Badan Kesbangpol Sumsel untuk melengkapi seragam Linmas dalam menjaga keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dari total 74 ribu Linmas se-Sumsel, pihaknya mengalokasikan anggaran logistik sebesar Rp18 miliar dari APBD Sumsel 2013.

"Untuk honor Linmas yang diajukan Rp 300 ribu belum diputuskan. Tetapi kami tetap menyiapkan dana Rp 22 M," terang Laonma seraya menyebutkan dana itu sewaktu-waktu dapat dikucurkan sesuai permintaan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.