Header Ads

Yuk, Bikin Warna-warni Manis Gula untuk Dekorasi Cake!


SRIWIJAYA RADIO  - Taburan gula warna di atas cake tak hanya berfungsi mempermanis rasanya, tapi juga bikin cake jadi meriah dan cantik menggiurkan. Apalagi kalau gula pasirnya berwarna-warni. Wah, bisa-bisa cake Anda langsung ludes disantap sekeluarga!

Gula warna-warni (sanding sugar, pearl sugar, atau decorating sugar) dijual di toko bahan-bahan kue. Namun, kadang muncul kekhawatiran akan keamanan bahan pewarna yang digunakan. Mengapa tak membuatnya sendiri? Caranya sangat mudah.

Gunakan gula pasir yang butirannya kasar dan warnanya putih bersih agar tampilan dan teksturnya lebih menarik. Masukkan dalam mangkuk, teteskan sedikit pewarna makanan cair atau pasta, lalu campur rata dengan garpu. Tambahkan pewarnanya jika ingin warna yang lebih pekat. Jika sudah tercampur rata, diamkan di suhu ruangan selama sejam agar kering lalu masukkan ke wadah kedap udara.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan gula pasir dan pewarna makanan pasta di kantung plastik berperekat. Remas-remas hingga warnanya merata. Kalau gulanya jadi lengket, campurkan sedikit tepung maizena dan kembali remas-remas. Jika ada gumpalan gula, pecahkan dengan menekannya. Gunakan kantong plastik tebal agar tak bocor saat diremas.

Dengan persediaan beberapa gula warna ini setiap saat Anda bisa mempercantik cupcake, cake, atau donat yang Anda buat tanpa harus membeli lagi di toko bahan kue.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.