Header Ads

Tips Agar Gigi Tetap Sehat Dan Menawan

Senyuman adalah hal yang bisa membuat Anda terlihat menawan. Senyum merupakan salah satu hal yang penting dalam membangun suatu hubungan dengan orang lain. Ingin memiliki senyuman indah mempesona yang sehat? Gigi yang sehat dan putih cemerlang akan membuat senyum Anda terlihat menawan. Menyikat gigi dengan teratur tidaklah bisa dikategorikan sebagai cara memutihkan gigi secara alami karena melibatkan banyak zat kimia dalam prosesnya. Makanan yang dikonsumsi setiap hari juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan gigi Anda. Yang akhirnya akan membuat senyum Anda menjadi lebih sehat.
 
Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi Anda, juga dapat membantu mencegah gigi berlubang, plak, dan bau mulut. Jenis makanan tersebut antara lain:
 
Yoghurt
Penumpukan bakteri adalah penyebab utama munculnya plak, bau mulut dan penyakit gusi. Akan tetapi, dengan mengkonsumsi 6 ons yoghurt bebas gula setiap hari, dapat membantu melumpuhkan kuman dan bakteri yang bersarang dalam mulut dan bisa membantu memutihkan gigi secara alami. Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt dapat membantu melawan kuman di mulut Anda.
Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi yoghurt empat kali atau lebih dalam seminggu akan memiliki gigi yang sehat dan cenderung mengalami kerusakan gigi lebih sedikit dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsi yoghurt.
 
Buah dan sayuran
Sayur dan buah-buahan memiliki banyak manfaat yang baik bagi keseluruhan tubuh Anda, termasuk merawat kesehatan gigi. Sayur dan buah yang kaya akan serat seperti apel, wortel dan seledri dapat merangsang produksi air liur, yang berisi antimikroba yang melawan bakteri yang pada akhirnya akan membantu memutihkan gigi secara alami. Selain itu makanan ini renyah saat dikunyah, sehingga membantu sirkulasi pada gusi Anda. Selain apel, jeruk dan lemon juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan gusi karena mengandung banyak vitamin C di dalamnya.
 
Ikan
Seorang ilmuwan Harvard menghubungkan asam lemak omega-3 yang dikandung dalam ikan berkaitan dengan tingkat penyakit gusi yang lebih rendah. Asam lemak tersebut terbukti mampu mencegah bahkan mengurangi iritasi dan kemerahan pada gusi yang menyebabkan infeksi. Gusi yang sehat dapat membantu mencegah rusaknya akar gigi Anda. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa ikan baik dikonsumsi setiap hari.
 
Keju
Sama halnya seperti susu, keju merupakan sumber kalsium dan vitamin D, nutrisi yang sangat penting untuk membangun gigi yang kuat dan memutihkan gigi secara alami. Mengunyah keju dapat membantu menetralkan asam yang mengikis enamel gigi. Hal ini juga berarti bahwa gigi akan tampak semakin putih.
 
Coklat
Banyak yang bilang bahwa coklat bisa membuat gigi berlubang. Namun faktanya, meskipun mengandung gula di dalamnya, coklat tidak banyak meningkatkan risiko gigi berlubang dan membusuk karena memiliki kandungan antioksidan yang banyak. Coklat hitam atau dark chocolate lebih baik dalam hal menjaga kesehatan gigi dibandingkan dengan jenis coklat lainnya, karena coklat hitam memiliki kandungan gula yang lebih sedikit.
Gigi yang sehat itu seperti mutiara, mahal harganya. Memiliki gigi yang sehat tidak harus dengan melakukan perawatan yang mahal, asupan makanan diatas juga sudah cukup untuk memutihkan gigi secara alami dan membuat gigi dan gusi Anda menjadi sehat.

http://www.wartanews.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.