Header Ads

Pulau Kemaro

Di tengah sungai musi terdapat sebuah pulau bernama Pulau Kemaro. Nama tersebut bearti pulau yang tidak pernah tergenang air, walaupun air pasang besar pulau tersebut tidak akan kebanjiran dan akan terlihat dari kejauhan terapung – apung di atas perairan sungai musi.

Pulau ini mempunyai legenda tentang kisah cinta “ Siti Fatimah Raja Palembang  yang di lamar oleh anak Raja Cina bernama Tan Bun Ann “ . Syarat yang di ajukan Siti Fatimah pada Tan Bun Ann adalah menyediakan 9 guci berisi emas, keluarga Tan Bun Ann menerima syarat  yang di ajukan.
Rasa  penyesalan membuat anak raja cina tersebut mengambil  keputusan  untuk menerjunkan diri  ke sungai sambil berkata “ Jika ada tanah tumbuh di tepi sungai ini maka di situlah kuburan saya “.
Di pulau ini terdapat  sebuah kelenteng  Budha yang selalu di kunjungin penganutnya terutama pada perayaan Cap Go Meh yang tidak hanya masyarakat keturunan Tiong Hoa di kota Palembang tetapi dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara seperti Singapura, Hongkong, RCC dan lainnya. Kita dapat ke pulau ini dengan menggunakan transportasi air seperti Ketek, Speed Boat dari dermaga wisata Benteng Kuto Besak ( BKB ) dari pabrik Intirub.
INFORMASI DINAS PARIWISATA & KEBUDAYAAN KOTA PALEMBANG

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.