Header Ads

Tanam 25.000 batang Pohon, OKI pecahkan Rekor Muri

Kabupaten OKI, Sumsel memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) setelah menanam 25 ribu batang pohon mahoni secara bersamaan pada pelaksanaan Konferensi ENO Indonesia pertama di Danau Teluk Gelam, OKI, Sabtu (3/11/2012).

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan oleh Bupati OKI sekaligus Pembina ENO Indonesia, H. Ishak Mekki, Sekjen Kemenhut, Dr. Ir. Hadi Daryanto, Deputi Kementrian Lingkungan Hidup, Hendri Bastaman, Pandam II Sriwijaya, Direktur dan Pendiri ENO, Mika Van Hannen, Koordinator ENO Asia, Ketua ENO Indoesia serta ribuan pelajar di OKI ini telah memecahkan rekor Muri dengan no 5668, yaitu penanaman pohon mahoni sebanyak 25.000 batang pohon yang dilakukan siswa sekolah secara bersamaan dengan dukungan jaringan.

“Sejarah telah ditorehkan disini dan kedatangan kami kesini untuk mencatat kegiatan luar biasa ini,” kata Damian Awan Rahargo Deputi Musium Rekor Indonesia.

Selain dilakukan di OKI penanaman pohon ini juga dilakukan oleh para pelajar pada beberapa negara, yaitu Peru, Spanyol, Malaysia, philipines, Yunani, Brazil, secara bersamaan.

Sebelumnya ENO Indonesia memberikan penghargaan kepada tujuh Kepala Daerah yang mempunyai program dan kebijakan bidang lingkungan hidup terutama penanaman pohon yaitu Gubernur NTT, Walikota Bandung, Bupati Kendal, Bupati Muba, Bupati Deli Serdang, Bupati Langkat, dan Walikota Padang. Penghargaan ini diserahkan oleh Sekjen Kemenhut, Direktur ENO Internasional dan Pembina ENO Indonesia, H. Ishak Mekki. 

Sekjen Kemenhut, Dr. Ir. Hadi Daryanto memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terus berupaya membina dan melestarikan lingkungan.

“apresiasi kami yang luar biasa kepada para kepala daerah yang telah mempelopori pelestarian lingkungan di wilayah masing-masing dan kegiatan penanaman yang kita lakukan hari ini adalah upaya kita untuk menyelamatkan dunia” kata Hadi

Sementara itu direktur dan pendiri ENO, Mika Vanhanen mengungkapkan kebahagiannya menghadiri konferensi ENO Indonesia pertama ini. Eno Indonesia menurutnya merupakan negara anggota ENO yang paling aktif dalam kegiatan penyelamaatan lingkungan.

“Kami merasa bangga Eno di Indonesia terus mendapat dukungan dari pemerintah. Seperti Bupati OKI, H. Ishak Mekki yang terus mendukung program ENO di Indonesia ini. Sangat pantas kami memberikan ENO Golden Award kepada beliau” ungkap Mika

Pembina ENO Indonesia, H. Ishak Mekki menilai pelaksaan penanaman pohon secara serentak ini adalah dalam rangka menyongsong program ENO, yaitu penanaman pohon sebanyak 100 juta batang pohon hingga 2017.

“Penanaman pohon secara masal yang kita lakukan hari ini adalah untuk mendukung kampanye ENO 100 juta pohon hingga 2017 yang merupakan rekomendasi kepala-kepala negara dunia pada RIO Summit di Brazil dan penghargaan kepada kepala daerah yang diberikan tadi adalah ucapan terimakasih atas upaya kepala daerah ini dalam pelestarian lingkungan serta motivasi bagi kepala daerah lainnya untuk mendukung upaya penyelamatan lingkungan baik dari kebijakan maupun program mereka” kata Ishak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.